IT & Career Story

Hal-hal yang Dilakukan Setelah User Assessment

Hello guys. Welcome back to my blog. Hehe

Aku mau cerita sesuai pengalaman aku kerja dan yang aku lakukan sekarang. Jadi, job desk aku sekarang cenderung lebih banyak analisa bisnis. Beberapa hari yang lalu, ada seorang mahasiswa jurusan Sistem Informasi universitasnya di Malang, yang lagi magang di kantorku dan kebetulan dia duduk di sebelahku, bertanya gini.

Doi udah ikut 2 kali rapat sama aku.

Dia: Mbak, jadi abis kita assessment gini, terus kita bikin apa mbak? (Kira-kira pertanyaannya begitu.)

Aku: Ooh, jadi gini…

Nah, ini yang mau aku ceritakan ke kalian sesuai pekerjaan ku sekarang.

——————————

Setelah assessment sama user, kayak rapat, diskusi, maupun ngobrol-ngobrol tentang sistem yang mau dibangun, hendaklah kita buatkan notula dari semua hasil pertemuan kita itu.

Ini penting banget. Karena, suatu saat bisa lupa apa yang udah disepakati, dikatakan, siapa yang ngomong, kapan dan di mana, keputusan dan jadinya mau gimana, itu semua harus ada di notula.

Anyway, kata baku itu notula sesuai kbbi. Bukan notulen yah. Aku juga baru aware setelah sekian lama. Monggo bisa cek kbbi. Cmiiw.

Dari semua info yang kita punya dan udah ada notulanya, segeralah bersiap untuk membuat dokumen analisa atau Business Requirement Document (BRD).

Apa isinya?

Isinya adalah latar belakang aplikasi dibangun, tujuan, alasan, dasar hukum (penting banget buat yang kerjanya di lingkungan Pemerintahan) contohnya seperti PP Nomor 12 Tahun 2019, Permendagri Nomor 33 Tahun 2019, harus ada, karena apapun yang dikerjakan harus ada dasar acuan regulasinya. Jika dasarnya lebih dari 1 poin, maka cantumkanlah semuanya sejelas-jelasnya.

Selain itu, isinya list modul aplikasi yang mau dikembangkan, kebutuhan field atau input-an data aplikasi, contoh output dari aplikasi, seperti hasil cetakan. Alur bisnis aplikasi dan mekanisme aplikasi, mulai dari login sampai logout. Mock up dan desain kasar aplikasi juga ada di dokumen ini.


Jadi, dokumen analisa inilah yang menjadi acuan programmer untuk selanjutnya develop aplikasi, dan dokumen ini sebagai dokumentasi dari aplikasi yang dibangun untuk kelak jadi bahan referensi mempelajari aplikasi jika anggota tim proyek berganti.

Thx all.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *